Pendidikan Hal Mutlak Tingkatkan Taraf Hidup

RIZKI ALHAIRIAH, M.Pd
MAN 2 Palembang

Guru adalah agen dalam pendidikan. Pendidikan di Indonesia yang cepat, terhadap perubahan zaman (era industri 4.0) maka diperlukan kualitas pendidikan yang baik agar tercipta sumber daya manusia (SDM) yang cerdas dan berkarakter. Selain itu, pendidikan merupakan hal yang mutlak ada dan harus dipenuhi dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dalam dunia pendidikan, masyarakat mempunyai peran penting. Peran penting masyarakat dalam pendidikan  yaitu adalah sebagai penyelanggara pendidikan.

Pada hakikatnya pendidikan merupakan suatu proses yang sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan, ketrampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian dan mempertebal semangat kebersamaan agar dapat membangun diri sendiri dan bersama-sama membangun bangsa.Upaya yang dilakukan untuk membangun manusia seutuhnya adalah dengan meningkatkan kualitas SDM yang mencakup pengembangan manusia sebagai SDM yang berkarakter positif.

Untuk melahirkan SDM tersebut, maka guru sebagai agen pendidikan dapat melakukan hal tersebut terhadap siswa. Siswa yang mandiri, dapat dibentuk melalui sekolah, sehingga sekolah dapat pula memainkan perannya. Sekolah merupakan salah satu kelompok layanan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan pada jalur formal. Untuk mengkondisikan pendidikan mandiri. Sekolah perlu mereformasi diri. Reformasi pada level sekolah harus diawali dengan sikap positif dan komitmen dari seluruh warga sekolah untuk memanfaatkan otonomi yang diberikan dengan sebaik – baiknya. Hal pertama yang  perlu di bangun adalah komitmen untuk mandiri, terutama dengan menghilangkan budaya egosentris serta mengubahnya menjadi budaya aktif, kreatif, dan inovatif.

Untuk menjadikan siswa yang mandiri, siswa perlu juga dilatih kecakapan hidup. Kecakapan hidup adalah kecakapan yang memungkinkan orang dapat secara positif dan adaptif mengatasi situasi dan tuntutan hidup sehari – hari. Menurut Depdiknas, seseorang dikatakan memiliki kecakapan hidup adalah mereka yang memiliki: (1)  kecakapan, pengetahuan, sikap dan kesiapan agar berhasil dalam bekerja dengan orang lain atau bekerja secara mandiri yang membantu meningkatkan kualitas hidup mereka;(2) yang memiliki motivasi dan etika tinggi agar berhasil dalam bekerja dan bersaing dalam lingkungan local, domestik, dan internasional dan mengantisipasi tuntutan pasar; (3) yang memiliki kecakapan dan peluang untuk belajar sepanjang hayat sehingga mereka dapat mencapai status yang sama dengan orang lain dan (4) yang sadar akan pentingnya pndidikan bagi mereka sendiri dan keluarga mereka dan berkaitan antara pendidikan untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan sosial.

3 thoughts on “Pendidikan Hal Mutlak Tingkatkan Taraf Hidup”

  1. menjadi murid sebagai mahkluk yg siap kerja tidaklah mudah..olh krn itu latihlah murid mjdi kreatif

  2. Pendidikan sangat penting di terapkan.. karna dri pendidikan itu bisa merubah hidup seseorg. Seperti lebih disiplin lgi sopan santun terhadap sesama.. dan juga bisa merubah pola pikir seseorg menjadi lebih baik lgi..? Dan tingkat lgi SDM ny.. smgtt Rizki alhairiah sbagai guru. Yg mendidik anak tanpa lelah. Waktu terkuras untuk mendidik anak bangsa lebih baik lgi.. dg ada peran ny seseorg guru terhadap murid ny itu sngt bagus.? Smga guru bisa menerapkan pendidikan lebih baik lgi.. maju lah pendidikan.

  3. Artikel yang sangat bermanfaat, semoga para guru tetap bersemangat dalam membentuk sumber daya manusia (SDM) yang cerdas dan berkarakter positif. Terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *